4 Desa Wisata Di Jawa Timur, Bisa Jadi Rekomendasi Liburanmu | SATUKANAL.COM
May 27, 2022
desa wisata jawa timur

Desa wisata Pujon (Foto: Wildan Agta/ Satukanal.com)

Satukanal.comNasional – Destinasi wisata di Indonesia memang sudah terkenal hingga mancanegara. Salah satunya desa wisata yang ada di provinsi Jawa Timur.

Desa wisata sendiri merupakan destinasi wisata berbasis desa yang menyuguhkan keunikan budaya, keindahan alam dan bahkan dapat berinteraksi dengan warga setempat. Desa wisata biasanya menyediakan beberapa objek wisata dalam satu desa yang dapat dinikmati oleh wisatawan.

Desa wisata tak hanya diminati oleh wisatawan domestik, namun juga mancanegara, bahkan wisata ini diprediksi menjadi destinasi favorit saat pariwisata dibuka di masa pandemi ini.

Ingin tau list desa wisata di Jatim? Simak ulasan berikut ini.

1. Desa Wisata Sanankerto, Malang

Desa wisata yang kedua ialah Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, yakni terletak di antara kota Malang, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan pantai selatan. Desa Sanankerto merupakan desa dengan destinasi ekowisata Boon Pring, sebuah telaga di area hutan bambu.

Destinasi wisata di desa ini antara lain edukasi budaya ikan air tawar, edukasi pertanian, edukasi budidaya magot BSF, kampung rolas KRPL, telur asap Boonpring, tarian penyambutan hingga tempat berswa foto di area telaga.

Baca Juga :  Jaminan Hari Tua Bisa Cair Sebelum 56 Tahun, Ini Revisi Aturannya

Selain itu, desa di Jawa Timur ini juga menyuguhkan aktivitas air. Bagi kamu yang tertarik dengan kegiatan semacam outbond, kamu bisa berkunjung ke desa Sanankerto. Untuk tiket masuknya dibandrol Rp10 ribu bagi orang dewasa dan Rp5 ribu untuk anak-anak.

2. Desa Wisata Kampung Blekok, Kabupaten Situbondo

Desa Wisata Blekok merupakan kawasan wisata berbasis konservasi mangrove dan burung air. Ya, areanya didominasi oleh hutan mangrove sebesar 60%.

Berlokasi di Dusun Pesisir Timur, Klatakan, Kendit, daya tarik wisata dari desa Blekok adalah wisatawan yang bisa berinteraksi dengan flora dan fauna di dalamnya. Ada kegiatan pembibitan, penanaman hingga perawatan tanaman mangrove hingga pengamatan dan pemotretan burung air.

Untuk wisata alam, wisatawan bisa menikmati keindahan matahari terbenam dari coffee shop. Ada juga wisata perahu yang mengajak wisatawan menyusuri kampung blekok sambil melihat keanekaragaman flora dan fauna didampingi oleh tour guide.

3. Desa Tamansari, Banyuwangi

Desa wisata yang sudah populer di Banyuwangi adalah Desa Tamansari yang terletak di Kecamatan Licin. Desa ini merupakan termasuk salah satu tempat persinggahan untuk menuju wisata alam populer yakni Kawah Ijen.

Baca Juga :  Ini Cara Cek Banjir di Google Maps Agar Perjalananmu Tak Terhambat

Banyak objek wisata yang disuguhkan oleh desa ini seperti Kampung Susu, Kampung Bunga, dan hutan pinus. Bagi kamu penikmat kopi juga dapat menyaksikan produksi kopi khas dari desa ini. Tak hanya itu, kamu juga bisa membelinya untuk dinikmati kapanpun.

4. Desa Wisata Kampung Majapahit Bejijong, Mojokerto

Desa wisata Kampung Majapahit Bejijong berlokasi di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Desa Bejijong dulunya adalah jantung dari ibu kota Kerajaan Majapahit sehingga menjadikan wisata di desa ini lebih mengarah ke seni budaya dan sejarah.

Wisatanya antara lain festival Kampung Majapahit, sinau sejarah, Majapahit, seni budaya, kerajinan, dan enterpreneurship ala Majapahit yang ditujukan bagi pelajar dan mahasiswa, hingga bermalam di kampung dengan nuansa serba tradisional ala zaman kerajaan Majapahit. Selain itu, kamu juga bisa menyusuri peta ibu kota dan alam di desa ini.

 

 

Editor : Naviska